Ads Top

Cara Edit HTML Template Blogger Terbaru

Cara Edit HTML Template Blogger Terbaru - Halo sobat blogger, selamat malam..Pasti lagi seneng ya karena baru-baru ini google mengupdate/meningkatkan fungsi dari HTML editor yang ada pada bagian template. Atau lagi bingung, karena butuh adaptasi lagi untuk utak-atik HTML templatenya ? Ya kira-kira itulah sob yang saya alami, agak kaget, dan bingung ketika melihat perubahan pada bagian HTML template blogpot yang saya pakai. Jika sobat mengalami hal yang sama, silahkan sobat ikuti postingan ini, siapa tahu bisa membantu.

Baiklah, Seperti yang ditulis pada Blogger Buzz bahwa peningkatan fungsi ini ditujukan untuk pengembang web (pembuat template) ataupun yang senang dalam merubah-rubah tampilan blog dengan menggunakan HTML, Javascript dan CSS.

Tambahan fitur yang ada pada editor HTML baru ini dapat mempermudah dalam pengeditan template yang dilakukan oleh pengguna blogger. Fitur-fitur yang ada diantaranya :

- Penomoran baris (line number ing)
- Penanda sintaks (syntax highlighting)
- Auto-indentation dan code folding.

Berikut ini sedikit gambaran tampilan dari Editor HTML yang baru pada blogger :

Tampilan Template HTML Editor Blogger 
Jump to widget (untuk memudahkan dalam pencarian widget blogger)
Code folding (untuk menggumpulkan/menyembunyikan satu kelompok kode)

Preview Template (Melihat tampilan blog sebelum template disimpan)

Itulah sob gambaran tampilan HTML Template Blogger Terbaru. Dan berikut ini adalah yang membingungkan saya waktu pertama kali menggunakan tampilan ini :
1. Pertama : Tombol Expand widget nya mana ?? Jika sobat bingung mencari tombol expand widget pasti tidak ketemu pada tampilan yang baru ini. Karena fungsi Expand widget digantikan dengan Format Template. Jadi sobat klik saja Format Template. Setelah sobat klik, lihat disebelah kiri ada tanda panah hitam disamping angka-angka, sobat klik tanda panah tersebut maka akan keluar kode-kode template sobat baik CSS, HTML, JQuery, dan Javascript .

2. Kedua : Bagaimana cara melakukan pencarian ? Biasanya kalau kita akan melakukan pencarian, kita menekan tombol Ctrl + F. Waktu saya memakai Ctrl + F untuk melakukan pencarian ternyata tidak ketemu. Ternyata yang benar adalah letakkan krusor sobat pada layar edit HTML template, kemudian tekan Ctrl + Shift + F, setelah itu lakukan pencarian seperti biasa nya.

Dengan semakin banyaknya fitur baru yang ada pada blogger semoga bisa menambah semangat sobat semua untuk blogging. Dan mungkin ini menjadi salah satu bukti keseriusan google agar dapat menjadi nomor satu dalam penggunaan blog di dunia. Serta membuat para pengembang web khususnya platform blogger dapat menambah kreatifitas mereka dalam membuat template blogger yang semakin baik

Sekian. Semoga Bermanfaat artikel Cara Edit HTML Template Blogger Terbaru
Source image : http://mkr-site.blogspot.com

No comments:

Powered by Blogger.