Ads Top

Apa Kendala Terbesar Untuk Menghasilkan Uang Lewat Blog? (Blogguebo and Friends' Project Seri 4)


Pengantar:

Setelah sukses dengan seri pertama, kedua dan ketiga "Blogguebo and Friends' Project" dan mendapatkan tanggapan sangat positif dari teman-teman blogger pembaca setia blog ini, bulan Oktober ini Blogguebo kembali menghadirkan seri keempat "Blogguebo and Friends' Project".

Sekedar mengingatkan, "Blogguebo and Friends' Project" adalah sebuah proyek sederhana yang didasari oleh keinginan untuk memberikan ruang saling berbagi secara lebih luas kepada kawan-kawan terbaik saya, Anda - para pembaca blog ini. Melalui proyek ini harapan saya nantinya akan lebih banyak blogger, tidak peduli newbie ataupun master, yang bisa berbagi pendapat, pengalaman dan ilmu kepada pembaca blog ini di seputar topik bisnis online, terutama tentang blogging dan make money from blog. Tentu saja, Anda bisa terlibat dengan proyek ini juga.

Seri keempat "Blogguebo and Friends' Project" ini seharusnya sudah hadir di blog ini pada bulan September kemarin. Namun karena satu dan lain hal, proyek seri keempat ini baru bisa hadir di bulan Oktober. Agar tidak berpanjang lebar, lebih baik langsung saja mari kita simak pendapat teman-teman kita yang ikut berpartisipasi dalam "Blogguebo and Friends' Project 4".

Pertanyaan:
"Ketika Anda melakukan monetisasi untuk mendapatkan uang dari blog Anda, kendala terbesar apakah yang Anda hadapi? Apa alasannya?"

Wahyu Triwidhiyanto (Pemilik Badoer.Com):
"Sebelum saya jawab pertanyaannya saya akan bercerita sedikit. Boleh kan? Pertama kenal blog bulan Desember, meski baru aktif sekitar 3 bulan yang lalu. Pada awal monetisasi blog, yang ada di pikiran saya saat itu, adalah buat blog, trus taruh Adsense, udah beres sambil menunggu berharap uang datang dengan sendirinya. Tapi ternyata apa yang saya lakukan saat itu keliru, ternyata bisnis online (monetisasi) tidaklah MUDAH. Pada akhirnya iklan-iklan itu saya copot dari blog, karena saya sadar blog saya belumlah pantas untuk ditaruh iklan Adsense (PPC). Selain berbahasa indonesia (meski bisa diakali pakai "en"), pengunjung blog saya masihlah sedikit. Karena tanpa SEO yang cukup, mustahil bisa menggaet klik maupun impresi dengan nilai yang signifikan (kecuali kalau mau klik sendiri :D ). Monetisasi lain semacam referralpun perlu visitor juga. Bagaimana kalau paid review? Susah buat maen review kalau belum punya blog ber PR. Kenapa tidak coba beli blog ber-PR? Apakah Anda bisa menjamin, setelah domain terbeli dan Anda belum sempat mengisi konten blog atau setidaknya setelah didaftarkan ke program paid review, tiba-tiba Google melenyapkan PR Anda dalam sekejab, seperti dialami teman saya yang harus kehilangan 8 blog ber-PR 3, meski sudah bisa menghasilkan sebelumnya? Tapi saya rasa cara seperti ini kurang menjamin buat kelanggengan usaha Anda. Its OK kalau balik modal. Untuk beli 8 domain ber-PR 3 butuh biaya yang tidak sedikit!! Bagaimana kalau membangun dari awal? Yang jelas perlu waktu dan kerja keras. Karena apapun usaha yang akan Anda rintis semua butuh modal, usaha dan tekad yang kuat, disamping juga karena ada niat dan kesempatan :D.Jadi kalau ditanya monetisasi blog, untuk saat ini saya Belum Siap. Tapi ya itu tadi intinya : blog = konten, konten = raja, raja = pengunjung, pengunjung = earning. Karena blog saya belum siap dari salah satu aspek tadi maka saya ingin fokuskan buat belajar dulu sebanyak-banyaknya. Karena kendala terbesar yang ada pada saya saat ini adalah kemampuan bahasa Inggris yang masih lemah, karena tanpa penguasaan bahasa Inggris yang bagus, sangat sulit buat saya mencari visitor yang tertarget dari luar, meskipun sudah diakali dengan mengcopas atau mentranslatenya. Tapi apakah selamanya saya akan memungut sampah dari artikel orang lain?" :)

Muhammad Syahuri (Pemilik Syahur.co.cc):
"Kendala utama saya adalah bahasa. Bahasa Inggris saya masih belepotan banget :D"

Syaiful Thohir (Pemilik RijickCipta.com):
"(1). Masalah desain kurang menarik karena saya tidak menguasai bahasa program seperti php, html, css. Yang saya lakukan hanyalah meng-edit dari template. Nah sewaktu meng-edit inilah banyak sekali kesulitan. Saya ingin ganti tampilan website saya yang sudah saya kerjakan hampir satu bulan penuh, tetapi belum juga ketemu penyelesaiannya.(2). Masalah updating karena website saya bukan semacam Wordpress. Tetapi hanya saya buat dengan program “Front Page” sehingga untuk updating selain menambah isi juga harus mengupdate hyperlink menu yang ada.(3). Inovasi kurang karena terus terang bahasa inggris saya minim banget. Jadi waktu dapet buku gratis dari “Blogguebo” sampai sekarang saya juga belum dapat mencerna isinya, apalagi paham. Kasihan ya…… :( (4). Jumlah pengunjung menurun. Karena mungkin dari updating atau tidak aktif di forum atau hal lain yang saya belum tahu."

Sandi Kukuh Budi Santoso (Pemilik Tipis.web.id):
"Kendala utama saya adalah bahasa dan trafik. Peluang terbesar untuk monetisasi blog saat ini masih didominasi oleh blog berbahasa Inggris. Untuk bersaing didalamnya tentu saja saya harus memiliki blog berbahasa Inggris juga dengan target pasar luar negeri. Ini yang susah secara kemampuan bahasa Inggris saya parah banget. Untung saja sekarang ada jasa content writer yang sangat saya rasakan manfaatnya.Untuk trafik, ini juga masalah buat saya. More traffic kan more money ya mas :) . Kenapa kok sampai saat ini saya masih fokus ke paid review dan jualan link, ya karena trafik. Saya sangat ingin ikutan bisnis PPC tapi PPC tanpa trafik bagus sepertinya bakal percuma. Saat ini saya hanya bisa memaksimalkan internal SEO-nya saja. Untuk kualitas konten masih terbilang kurang. Oh iya blogwalking dan drop EC sangat membantu, sangat bagus untuk permulaan biar blog gak sepi-sepi banget gitu."

Arif Rahmawan (Pemilik Arif.Rahmawan.web.id):
"Kalau kendala pada saat awal saya monetise blog cukup banyak, bisa sangat panjang kalau di tulis, tapi saya rangkum menjadi beberapa poin:
(1). SEO. Blog saya yang mengejar PPC sebagai penghasilan utama, membutuhkan traffic yang tinggi. Sedangkan kemampuan SEO yang saya punyai pas-pasan. (2). Kemampuan berbahasa Inggris. Sedangkan untuk blog bahasa Inggris yang menggunakan PPC Adsense, selain membutuhkan ketrampilan dalam bidang SEO juga membutuhkan kemampuan berbahasa Inggris. Apalagi banyak program program yang bisa menghasilkan uang kebanyakan menggunakan bahasa Inggris."

Arief Fajar Nursyamsu (Pemilik Arief.disolo.com):
"Kendala terbesar bagi saya adalah memperoleh backlink untuk tetap menjaga pagerank, karena saya jualan link dan paid review. Saya baru menekuninya selama hampir dua bulan ini dan alhamdulillah memang ada hasilnya. Masalah berikutnya yang timbul adalah verifikasi PayPal. Saya belum ada kartu kredit (CC) dan sedang mengusahakan verifikasi setidaknya dari VCC dulu. Untuk sementara ini dana di PayPal saya cairkan dengan dijual atau nitip ke rekan."

Taufik Rizal (Pemilik MyBlueGreen.net):
"Dalam melakukan monetize blog kendala terbesar saya saat ini adalah cara mendatangkan visitor. Hal ini karena blog saya masih relatif baru sehingga jumlah visitor masih sedikit dan juga saya sendiri masih dalam kategori newbie sehingga masih harus banyak belajar tentang SEO dan lain sebagainya."

------------------------------------------------------------------

Kemampuan berbahasa Inggris dan SEO nampaknya masih tetap dianggap sebagai kendala terbesar untuk menghasilkan uang melalui blog. Kendala "favorit" lain nampaknya adalah cara menarik trafik ke blog kita.

Beberapa kendala, ya hanya beberapa saja, sempat saya tulis di blog ini. Jika Anda memiliki waktu senggang, tidak ada salahnya membuka-buka kembali arsip-arsip lama artikel di blog ini. Semoga bermanfaat. :)

Saya juga ingin berterima kasih kepada teman-teman yang telah berpartisipasi dalam "Blogguebo and Friends' Project 4" ini, karena lewat jawaban-jawaban Anda, setidaknya akan semakin banyak teman-teman blogger yang ikut belajar dan berbagi bersama mengenai seluk beluk bisnis online melalui proyek sederhana ini.

Bagaimana dengan Anda? Apa kendala terbesar bagi Anda untuk menghasilkan uang lewat blog? Senang sekali jika Anda juga mau berbagi disini.

Saya tunggu komentarnya. :)

Ingin terlibat dalam "Blogguebo and Friends' Project"?
Caranya amat sangat mudah. Cukup berlangganan atau menjadi anggota komunitas blog ini dan kirimkan email kosong ke alamat saya di medhy[at]blogguebo.com dengan subyek "Blogguebo Project". Saya akan menghubungi 10 email pertama yang masuk ke Inbox saya dan mengirimkan sebuah pertanyaan sederhana seputar dunia blogging and make money from blogging. Selanjutnya, saya akan menampilkan jawaban ke-10 partisipan tersebut di posting "Blogguebo and Friends' Project Seri 5" untuk bulan Nopember nanti di blog ini. Siapa cepat dia dapat. :)

Klik disini untuk berlangganan Blogguebo.
Klik disini untuk mendaftar komunitas Blogguebo.

Kuota 10 tempat untuk seri kelima "Blogguebo and Friends' Project" masih kosong (update: kini tinggal 3 kursi saja). Silahkan mendaftar. Sebagai insentif tambahan, saya akan memberikan e-book "Make Money Online with John Chow" kepada 10 orang pengirim email pertama. Klik disini untuk mengetahui keuntungan mengikuti "Blogguebo and Friends' Project".

Ditunggu partisipasinya. :) Terima kasih banyak.

(Gambar diambil dari Abhisays.com)

Medhy Aginta

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel Blogguebo.com secara gratis melalui email:


Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
Bagaimana Prospek Blogging dan Make Money from Blogging di Indonesia? (Blogguebo and Friends' Project Seri 1)
Apakah Anda Telah Melakukan Monetisasi Untuk Blog Anda? (Blogguebo and Friends' Project Seri 2)
Apa Topik Make Money from Blog Terpenting Untuk Dipelajari? (Blogguebo and Friends' Project Seri 3)

No comments:

Powered by Blogger.